Berita

RAKORNISKES TNI TA 2019

12 Maret 2019
Foto Bersama Rakorniskes TNI TA 2019

Jakarta, puskes-tni.mil.id.(12/3/2019).  Kesehatan TNI perlu meningkatkan perannya di kancah internasional, hal ini tidak saja untuk meningkatkan kapabilitas dan wawasan personel melainkan juga untuk meningkatkan pelaksanaan diplomasi militer melalui bidang kesehatan. Oleh sebab itu, gunakan kesempatan tersebut untuk menyempurnakan berbagai prosedur dan pengetahuan medis sekaligus menunjukkan eksistensi TNI.

Kesehatan TNI harus eksis dan tidak boleh absen di kancah internasional, sehingga menambah wawasan bagi Tim Kesehatan TNI. Itupun diperlukan kerja sama yang erat dan sinergi, agar semua tugas tersebut dapat berjalan secara maksimal. “Untuk itu, laksanakan koordinasi sebaik-baiknya dengan instansi terkait lainnya khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi kesehatan TNI"

Kesehatan TNI juga harus dapat menjawab tantangan lainnya, termasuk diantaranya perkembangan teknologi, penyakit menular yang berbahaya dan kompleksitas spektrum ancaman lainnya.

Rakorniskes TNI merupakan kesempatan yang baik untuk membahas evaluasi terhadap pelaksanaan tugas kesehatan TNI, seperti tuntutan pelayanan kesehatan kepada personel TNI dan keluarganya, pelayanan kesehatan pada masyarakat ataupun evaluasi penanganan korban luka saat operasi harus menjadi perhatian.

Secara bertahap kesehatan TNI harus meningkatkan kapasitas dan kemampuan personel serta sarana prasarana pendukung. Selain itu juga menanamkan pemahaman dan kesadaran kesehatan preventif kepada seluruh prajurit dan keluarganya.

Beberapa hal tersebut di atas adalah beberapa penekanan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P. yang disampaikan pada pembukaan Rakorniskes TNI TA 2019 dihadapan 155 peserta, tamu undangan peninjau yang di hadiri pula oleh Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K). 

Dengan tema " Dilandasi profesionalisme, loyalitas, dan kemanunggalan dengan rakyat Kesehatan TNI siap memberikan dukungan dan pelayanan kesehatan yang optimal guna mendukung pelaksanaan tugas Pokok TNI" Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan (Rakorniskes) TNI Tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2019 bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Dalam kegiatan tersebut disampaikan Pembekalan oleh Menteri Kesehatan RI tentang  "Peran Kesehatan TNI dalam mendukung Sistem Kesehatan Nasional" serta di sampaikan juga  beberapa materi antara lain:
          1. Kebijakan Strategis TNI oleh Asrenum Panglima TNI
          2. Pemenuhan Kebutuhan dan Jenjang Karier Tenaga Kesehatan TNI oleh Aspers Panglima TNI
          3. Perkembangan terkini BPJS dan BLU di lingkungan TNI oleh Dirkes Ditjen Kuathan Kemhan RI tentang
          4. Refleksi dan Proyeksi Program Puskes TNI TA 2019 oleh Wakapuskes TNI
          5. One Health oleh DR. drh. Joko Pamungkas, M.Sc
          6. Penanggulangan Nubika oleh Dirziad
          7. Kontainer Medik Udara oleh Kadiskesau
          8. Kapal Rumah Sakit oleh Kadiskesal
          9. Pembentukan Yonkes oleh Kapuskesad

Di akhir acara Kapuskes TNI Mayor Jenderal TNI dr. Ben Yura Rimba, MARS menyampaikan pembekalan dan penekanan serta menyerahkan penghargaan kepada: 
           - Kapuskesad
           - Ka RSPAD Gatot Soebroto
           - Kadiskesal
           - Ka Rumkital dr. Ramelan
           - Kadiskesau
           - Ka RSPAU dr. S. Hardjolukito
           - Kakes Kostrad
           - Kadiskes Kormar
           - Kakes Korpaskhas
           - Danyonkes 1 Kostrad
           - Danyonkes 2 Kostrad
           - Danyonkes 1 Marinir
           - Danyonkes 2 Marinir

Karena telah mendukung pelaksanaan tugas Puskes TNI Dalam Penanggulangan Bencana, Dukungan Kesehatan operasi Dan latihan, Pelayanan Kesehatan, dan Peran serta kegiatan lainnya.

 

PEJABAT

KAPUSKES TNI
MAYOR JENDERAL TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., M.A.R.S., M.H.

Link Web

Visitor

Hari Ini 8
Kemarin 25
Minggu Ini 117
Bulan Ini 227

Login Website Puskes TNI

Forgot Password