Berita

Latihan Fungsi Teknis Bantuan Hidup Dasar Kesehatan TNI TA 2019

25 Maret 2019
Latihan Fungsi Teknis Bantuan Hidup Dasar Kesehatan TNI TA 2019

Jakarta, puskes-tni.mil.id(25/3/2019). Bidbangkes Puskes TNI telah melaksanakan kegiatan Latihan Fungsi Teknis Bantuan Hidup Dasar (BHD) Puskes TNI TA 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 25 s.d. 28 Maret 2019 bertempat di Aula Dobekkes Puskes TNI.Kegiatan di buka oleh Kapuskes TNI dalam hal ini di wakili Laksamana TNI drg. Andriani, Sp.Ort., F.I.C.D. dan diikuti oleh 100 peserta yang terbagi menjadi peserta non kesehatan dan kesehatan.
Dalam perspektif sistem pertahanan, khususnya bagi personel militer, kualitas kesehatan merupakan salah satu komponen penting dalam rangka menjaga kesiapan fisik dan mental prajurit agar dapat mendukung setiap pelaksanaan tugas. Dalam rencana strategis pembangunan kesehatan TNI, peningkatan pembinaan kemapuan terkait dengan dukungan kesehatan operasi dipandang perlu melibatkan personel TNI dan PNS dari satuan terkait untuk dilatih menangani keadaan kedaruratan medis di lapangan.
Berbagai pengalaman di tempat kejadian menunjukkan bahwa ketika ada seseorang yang terluka, yang paling pertama melakukan penanganan medis bagi korban justru diberikan oleh orang terdekatnya, sebelum petugas kesehatan datang, sehingga nyawa korban dapat terselamatkan.
Di negara lain pelatihan bantuan hidup dasar ini sudah banyak dilakukan dengan melibatkan personel kesehatan dan non kesehatan. Pelatihan BHD kali ini diperuntukkan bagi prajurit, PNS Kesehatan dan non kesehatan yang di latih untuk menangani kedaruratan medis dan menyiapkan korban untuk di evakuasi, saudara bukanlah menggantikan petugas medis, namun tugasnya utama saudara adalah tetap bertugas sesuai fungsi. 
Beberapa kemampuan yang diharapkan adalah dapat memberikan bantuan hidup dasar yaitu menghentikan perdarahan, resusitasi jantung paru, mengatasi sumbatan jalan nafas dan pertolongan orang terluka. Dengan mengenal konsep The Golden Hour dimana dalam 10 menit pertama adalah masa kritis, lakukan langkah-langkah penyelamatan dengan hentikan perdarahan dan berikan bantuan nafas.
Dan untuk anggota kesehatan, pelatihan ini bermanfaat untuk mengingatkan kembali, sehingga sebagai petugas kesehatan akan memberikan pertolongan yang tepat dan benar kepada korban/pasien yang di temui. Diharapkan satuan kesehatansemakin terampil dan profesional dalam pelayanan kesehatan yang prima dan dukungan kesehatan yang handal dimanapun bertugas. Mengingat pentingnya hal tersebut Puskes TNI memandang perlu dilaksanakan pelatihan Bantuan Hidup Dasar untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan khususnya kepada prajurit TNI dan PNS baik kesehatan maupun non kesehatan yang bertugas di satuan satuan terkait.
 

PEJABAT

KAPUSKES TNI
MAYOR JENDERAL TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., M.A.R.S., M.H.

Link Web

Visitor

Hari Ini 9
Kemarin 25
Minggu Ini 118
Bulan Ini 228

Login Website Puskes TNI

Forgot Password