Berita

Pahlawanku Sepanjang Masa

11 November 2020
Pahlawanku Sepanjang Masa

Jakarta, puskes-tni.mil.id. Upacara Hari Pahlawan ke 75 Tahun 2020 bertema "Pahlawanku Sepanjang Masa" dilaksanakan di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran (RSDCWA) dengan diikuti oleh sekitar sekitar 100 tenaga kesehatan (Nakes) dengan mengenakan pakaian APD (Alat Pelindung Diri) lengkap berwarna merah dan putih yang berlokasi di zona merah RSDCWA.

Peringatan Hari Pahlawan di RSDCWA ini berlangsung secara sederhana dan hikmat yang dipimpin langsung oleh Koordinator RSDCWA Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., MARS., M.H. sebagai Inspektur Upacara dan Letkol Laut (K) drg. M. Arifin sebagai Komandan Upacara.

Dalam upacara Hari Pahlawan ini, inspektur upacara dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Sosial yang berisi antara lain:

" Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti : kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia."

"Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa"

"Nilai-nilai kepahlawanan seperti : percaya kepada Tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia."

"ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Soekarno yang menyatakan bahwa …hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar…"

Mayjen TN Dr. dr. Tugas Ratmono juga mengatakan, peringatan Hari Pahlawan tahun ini adalah peringatan yang paling bersejarah, karena berlangsung di saat bangsa Indonesia berperang melawan pandemi Covid-19. Seluruh peserta upacara di Wisma Atlet sengaja ber-APD lengkap untuk menunjukkan bahwa kita sedang berjuang keras melawan Covid-19. Sejak bulan Maret 2020 ada sekitar 15 ribu pasien yang sudah dirawat di Wisma Atlet ini, perjuangan para nakes di Wisma Atlet sudah menunjukkan hasil yang menggembirakan, karena jumlah pasien yang sembuh di Wisma Atlet mencapai 85 persen.

Dalam konteks peringatan Hari Pahlawan ini, Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono menyatakan, para nakes tersebut sesungguhnya adalah pahlawan kemanusiaan yang berjuang menyelamatkan ribuan nyawa pasien Covid 19.

Dipenghujung acara dua pasien wanita ini yang selesai menjalani masa isolasi di RSDCWA meyampaikan apresiasi dengan memberikan sekuntum bunga sebagai penghargaanya atas pelayanan dan perawatan nakes Wisma Atlet

 

PEJABAT

KAPUSKES TNI
MAYOR JENDERAL TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., M.A.R.S., M.H.

Link Web

Visitor

Hari Ini 76
Kemarin 63
Minggu Ini 492
Bulan Ini 8.063

Login Website Puskes TNI

Forgot Password