6th THAINESIA MILITARY MEDICINE 24 s.d. 27 Mei 2022 di Bangkok Thailand

Read Time:1 Minute, 11 Second

Kegiatan Thainesia Military Medicine ke 6 pada tahun ini di laksanakan di Thailand, yang sebelumnya pada tahun 2019 Indonesia sebagai tuan rumah, kemudian pada tahun 2020 dan 2021 Thainesia Military Medicine tidak dilaksanakan kegiatannya dikarenakan personel kesehatan fokus menghadapi Covid-19.

Dari delegasi kesehatan TNI dipimpin oleh Kapuskes TNI dengan didampingi 7 orang sebagai perwakilan dari angkatan. Pelaksanaan kegiatan dari tanggal 24 – 27 Mei 2022 di Swissotel Bangkok Thailand, dengan agenda kegiatan yaitu melaksanakan Courtassy Call ke Kedutaan besar RI untuk Thailand, Bilateral Meeting, Kunjungan ke Fasilitas Kesehatan dan pertukaran informasi terkait Medical di masing masing negara.

Kerjasama antara TNI dan Royal Thai Armed Forces (RTARF) dalam bidang kesehatan merupakan suatu program kerja sama yang telah berjalan Secara teratur, setiap tahunnya kedua Pusat Kesehatan Angkatan Bersenjata kedua negara saling melakukan kunjungan dan menandatangani perjanjian bilateral. Diawali pada tanggal 10 Februari 2015 di Jakarta yang merupakan Thainesia Military Medicine ke 1. Dengan hasil telah ditandatangani Perjanjian Koordinasi antara Kapuskes TNI dengan the Military Medicine Coordination Center, Command Center, Royal Thai Armed Forces Headquarters. Pada perjanjian tersebut dinyatakan bahwa kedua belah pihak menyetujui untuk saling berkoordinasi dan bekerja sama dalam bidang Kesehatan Militer.

Kedua belah pihak akan memelihara dan mengembangkan koordinasi kesehatan secara bilateral dalam kerangka Thainesia High Level Committee (HLC) dan Thainesia Joint Coordinated Operations and Execises Sub-Committee (JCOESC) agreements. Program yang dilaksanakan adalah dalam bidang pendidikan, latihan dan pertukaran personel kesehatan yang disepakati bersama.

Previous post Kapuskes TNI tegaskan test keperawanan calon prajurit wanita dihapus