18 June 2024

Rabu (28/2/2024), secara resmi Joko Widodo Presiden RI membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri Tahun 2024, di GOR Ahmad Yani, Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. tema Rapim TNI-Polri Tahun 2024 yaitu TNI-Polri Siap Mewujudkan Pertahanan Keamanan untuk Indonesia Maju.

Selain melaksanakan Dukungan Kesehatan, Kesehatan TNI juga melaksanakan dukungan food security dibeberapa tempat, diantaranya, di tempat Acara utama, di Holding VVIP dan di tempat Makan siang

Seluruh makanan telah diperiksa secara Fisik : Rasa,Warna dan Bau dalam batas Normal dan Kimiawi : Arsnic test : Negatif, Cyanid test : Negatif, Nitrit test : Negatif dan Formaldehyd test : Negatif, seluruh makanan dalam keadaan aman dan layak konsumsi.

Tim pemeriksa merupakan gabungan dari Tim foodsec Paspampres dan dari Tim foodsec Satkes Denma Mabes TNI.

Hadir dalam Rapim TNI-Polri, Jenderal TNI Agus Subiyanto Panglima TNI, dan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri. Kemudian, kepala staf tiga matra TNI, unsur pimpinan di institusi Polri, serta Pimpinan Komisi I dan Komisi III DPR RI

Sebagai pembuka, Panglima TNI berkesempatan menyampaikan laporan capaian tahun 2023 serta rencana kerja TNI tahun ini, Selanjutnya, Jokowi Presiden menyampaikan arahannya kepada seluruh peserta rapat.    Salah satu poin yang ditekankan adalah TNI-Polri harus bersiap menghadapi berbagai tantangan dalam rangka mewujudkan Indonesia jadi negara maju.

Di ujung pidato pengarahannya, Kepala Negara memberikan kenaikan pangkat istimewa kepada Prabowo Subianto Menteri Pertahanan

Pemberian pangkat Jenderal Kehormatan tersebut sesuai Keputusan Presiden Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tentang Penganugerahan Pangkat Secara Istimewa Berupa Jenderal TNI Kehormatan, tertanggal 21 Februari 2024.

Selesai membuka acara, RI 1 memeriksa alat utama sistem senjata TNI-Polri yang ada di area lapangan depan GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, selain itu, Prabowo selaku Menteri Pertahanan juga menyampaikan Berita Acara Serah Terima Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan serta kunci kendaraan listrik kepada Panglima TNI, Kapolri dan para kepala staf angkatan.