18 June 2024

Jumat (29/2/2024)  Kolonel Laut (K) Dr. drg Sudarmono, Sp.Ort., M.Tr. Opsla (Kaunit Kermabaktikes Puskes TNI) bersama Kabidbangkes Puskes TNI Kolonel Kes Washiludin mewakili Kesehatan TNI mendampingi Kapuskersin TNI untuk menerima Kunjungan Athan Canada ke Puskersin TNI di Gedung B1 lantai 1 Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, pendamping lainnya yaitu Wakapuskersin TNI beserta Staf dan Staf  BNPB, kegiatan berlangsung mulai pukul 14.00 WIB

Dalam kunjungannya Athan Canada untuk Indonesia mennawaran pelatihan Combat First Aid yang ditawarkan oleh MTCP (Military Training Cooperation Rogram) dari Pemerintah Canada kepada Kesehatan TNI.

Ketentuan yang disampaikan oleh pihak Canada, diantaranya pihak Canada menyiapkan tenaga/trainer, untuk pembiayaan lainnya berupa: Akomodasi, makan peserta latihan, uang harian, biaya peralatan latihan dan lain lain ditanggung oleh Pihak Indonesia dalam hal ini sebagai tuan rumah.

Direncanakan pelatihan akan dilaksanakan dalam 2 tahap, tahap pertama adalah pembentukan Training of trainer sebanyak 12 orang, Tahap kedua  pada personil TNI sebanyak 72 orang dalam 2 minggu dan pelaksanaan dijadwalkan pada bulan mei dan Juni 2024.

Dalam rapat tersebut perwakilan dari Puskes TNI menanggapi bahwa latihan ini belum dianggarkan dalam perencanaan kegiatan tahun 2024. Bila memungkinkan akan diusulkan dalam penganggaran tahun 2025.  Selain itu akan coba ditawarkan  ke Matra Darat , laut dan Udara dan  Hasil jawaban dari matra akan dilaporkan kemudian pada Athan Canada

Pelaksanaan Courtassy Call dan rapat koordinasi dilaksanakan selama 1 jam, kemudian Athan Canada dilepas oleh Kapuskersin TNI untuk kembali ke Kantornya dengan didahului sebelumnya untuk foto bersama, pada pukul 15.00 kegiatan selesai.