18 June 2024

Jakarta, (5/3/2024) – Kapuskes TNI Mayjen TNI Dr. dr. Yenny Purnama, Sp.A(K)., M.Kes., MARS., M.H  Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H, Puskes TNI melaksanakan tradisi Munggahan yang berlangsung penuh khidmat dengan suasana penuh keakraban dengan makan bersama dengan penyajian makanan secara lesehan, di Gedung Dobekkes Puskes TNI, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Kepala Pusat Kesehatan TNI (Kapuskes TNI), dalam sambutannya menyampaikan Munggahan berasal dari kata munggah yang berarti naik dalam bahasa sunda atau Megengan yang artinya menahan dalam bahasa Jawa, sehingga melalui Munggahan atau megengan ini kita berdoa agar kita menjadi lebih baik lagi di bulan suci 1 Ramadhan 1445 H.

Acara Munggahan ini dihadiri oleh Waka Puskes TNI, Para Kabid, Kadobek Kalafi dan Kaunit Kermabaktikes Puskes TNI beserta ibu, serta personil militer dan PNS Puskes TNI.

Setelah makan bersama , acara  munggahan diakhiri dengan foto bersama dan dimanfaatkan juga untuk bersalam salaman saling meminta maaf dan memaafkan. Agar saat memasuki bulan ramadhan setiap orang dapat menunaikan ibadah puasa dalam jiwa dan bathin yang bersih.

Tradisi Munggahan ini tidak hanya menjadi momentum untuk bersilaturahmi, tetapi juga sebagai bentuk pengharapan dan doa untuk memulai bulan suci 1 Ramadhan 1445 dengan kebaikan dan keberkahan yang melimpah, serta bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. (PPID Puskes TNI).