Ringkasan Eksekutif Survei Kepuasan Masyarakat TW 1 Tahun 2023
Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) telah dilakukan oleh Pusat Kesehatan TNI pada triwulan I tahun 2023. Survei ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan publik yang telah diberikan kepada masyarakat dan menetapkan kebijakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
Responden memberikan penilaian dengan rentang nilai dari 1 (Tidak Setuju) hingga 4 (Sangat Setuju). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang dari setiap unsur pelayanan. Jumlah Responden 45 orang dengan hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 3,45 (Baik) dengan nilai capaian 90,0. Rincian Hasil Penilaian:
Hasil survei menunjukkan bahwa layanan yang diberikan oleh Pusat Kesehatan TNI pada triwulan I tahun 2023 dinilai baik oleh responden. Indeks rata-rata yang dicapai adalah 3,45 dengan nilai capaian 90,0.
Beberapa rekomendasi hasil survei sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada pengguna layanan diantaranya adalah
- Pusat Kesehatan TNI perlu terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan.
- Fokus perbaikan perlu diberikan pada komponen layanan yang meliputi prosedur, persyaratan, biaya, waktu penyelesaian, respon petugas, dan sarana pengaduan.
- SKM akan dilaksanakan kembali setiap triwulan untuk mengukur persepsi dan menjaring masukan dalam rangka peningkatan pelayanan.
Beberapa rencana tindak lanjut berdasarkan saran dan rekomendasi adalah sebagai berikut :
- Terus menjaga standar dan kualitas pelayanan yang telah dinilai baik oleh responden.
- Mengambil langkah-langkah perbaikan pada area yang mendapat catatan kurang baik dari responden, seperti respon petugas dan sarana pengaduan.
- Melakukan inovasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan.
- Melakukan evaluasi dan survei setiap triwulan untuk memastikan peningkatan berkelanjutan dan menjaring masukan dari masyarakat.
- Hasil survei akan dirangkum secara tahunan dan dipublikasikan sebagai bahan perbaikan layanan.
Dengan implementasi rencana tindak lanjut ini, Pusat Kesehatan TNI diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas pelayanannya dan memenuhi harapan masyarakat.