16 September 2024

Ringkasan Eksekutif Survei Kepuasan Masyarakat TW 2 Tahun 2023

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Triwulan II Tahun 2023 oleh Pusat Kesehatan TNI bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diselenggarakan. Survei ini membantu dalam menetapkan kebijakan dan penataan sistem pelayanan untuk memenuhi harapan masyarakat.

Responden survei pada triwulan ini sejumlah 35 orang, terdiri dari anggota TNI/PNS dan keluarga mereka. Metode yang digunakan e-Survei menggunakan Google Form yang dibagikan melalui media sosial. Dengan parameter penilaian meliputi prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, biaya atau tarif, waktu pelayanan, penyelesaian, respon petugas, performa, sarana dan pengaduan. Rentang nilai dari 1 (Tidak Setuju) hingga 4 (Sangat Setuju).

Hasil survei didapatkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 3,69 (Sangat Baik) dengan nilai capaian 92,41. Dengan rincian hasil penilaian:

Pusat Kesehatan TNI telah mencapai hasil yang sangat baik pada triwulan II tahun 2023 dengan IKM sebesar 3,69 dan nilai capaian 92,41. Hasil ini menunjukkan bahwa mayoritas responden merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Beberapa rekomendasi berdasarkan hasil survei sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada pengguna layanan diantaranya adalah:

  1. Mengadakan pelatihan bagi petugas untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan responsivitas terhadap pengguna layanan.
  2. Melakukan perbaikan dan pengembangan fasilitas serta sarana prasarana untuk mendukung pelayanan yang lebih baik.
  3. Meningkatkan sosialisasi mengenai prosedur pelayanan kepada masyarakat untuk memastikan semua pengguna layanan memahami alur dan persyaratan yang berlaku.
  4. Mengembangkan sistem pengaduan yang lebih efektif dan mudah diakses oleh masyarakat, serta memastikan tindak lanjut yang cepat dan tepat atas setiap pengaduan yang masuk.
  5. Melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala untuk menilai efektivitas tindak lanjut yang telah dilakukan dan melakukan penyesuaian jika diperlukan.

Beberapa rencana tindak lanjut berdasarkan rekomendasi hasil survei adalah sebagai berikut :

  1. Terus menjaga standar dan kualitas pelayanan yang telah dinilai sangat baik oleh responden.
  2. Fokus pada waktu penyelesaian, respon petugas, dan sarana pengaduan yang mendapat nilai lebih rendah dibanding aspek lainnya.
  3. Melakukan inovasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan.
  4. Melakukan evaluasi dan survei setiap triwulan untuk memastikan peningkatan berkelanjutan dan menjaring masukan dari masyarakat.
  5. Hasil survei akan dirangkum secara tahunan dan dipublikasikan sebagai bahan perbaikan layanan.