Ringkasan Eksekutif Survei Kepuasan Masyarakat TW 3 Tahun 2023
Pada triwulan III tahun 2023, Pusat Kesehatan TNI melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) untuk mengevaluasi kinerja pelayanan publik yang diberikan. Survei ini menargetkan personel Puskes TNI yang menerima pelayanan pemeriksaan kesehatan berkala dan layanan lainnya. Berdasarkan hasil survei, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dicapai adalah 92,88 dengan rata-rata indeks sebesar 3,69. Nilai ini menunjukkan bahwa kinerja layanan Puskes TNI berada dalam kategori “SANGAT BAIK”.
Survei dilakukan dengan metode e-Survei menggunakan Google Form yang dibagikan melalui media sosial Pusat Kesehatan TNI. Responden mengisi kuesioner secara mandiri melalui tautan yang dikirimkan melalui WhatsApp atau email. Survei ini melibatkan 45 responden yang terdiri dari anggota TNI/PNS dan keluarga anggota TNI/PNS. Pengolahan data dilakukan melalui tahapan penyuntingan dan penyahihan untuk memastikan validitas data.
Penilaian dengan mengukur delapan parameter pelayanan, dengan rincian sebagai berikut:
Berdasarkan hasil survei, berikut adalah beberapa rekomendasi untuk peningkatan kualitas layanan Puskes TNI:
- Terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas layanan, baik dari segi prosedur maupun teknologi yang digunakan.
- Mempertahankan integritas dan meningkatkan profesionalisme seluruh petugas yang terlibat dalam pelayanan.
- Memberikan perhatian khusus pada beberapa komponen layanan yang memerlukan perbaikan, yaitu prosedur, persyaratan, biaya, waktu penyelesaian, respon petugas, dan sarana pengaduan.
Untuk menindaklanjuti hasil survei dan rekomendasi yang diberikan, Puskes TNI merencanakan beberapa tindakan berikut:
- Menyelenggarakan pelatihan bagi petugas pelayanan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam memberikan layanan.
- Melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap prosedur dan waktu penyelesaian layanan untuk memastikan efisiensi dan efektivitas yang lebih baik.
- Mengembangkan dan memperbaiki sarana pengaduan yang ada agar lebih mudah diakses dan responsif terhadap keluhan atau masukan dari masyarakat.
- Melakukan survei kepuasan masyarakat secara berkala setiap tiga bulan untuk mengukur persepsi dan menjaring masukan yang lebih luas dalam rangka peningkatan pelayanan Puskes TNI.
Dengan pelaksanaan rencana tindak lanjut ini, diharapkan Puskes TNI dapat terus meningkatkan kualitas layanan publik dan mewujudkan visi menjadi Satuan Kerja dengan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)