18 June 2024

Jumat (17/5/2024). bertempat di Gedung Yudomo Prajaraksaka Kepaon Denpasar Bali, Kepala Pusat Kesehatan TNI (Kapuskes TNI) Mayjen TNI Dr. dr. Yenny Purnama Sp.A(K)., M.Kes., M.A.R.S., M.H. selaku Dansatgas Medis beserta personel kesehatan pendukung KTT WWF mengikuti Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka pengamanan KTT World Water Forum Ke-10 bersama Gabungan Satgas TNI-Polri, BSSN dan Basarnas, pelaksanaan TFG ini dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Hadir Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di dampingi para pejabat Mabes TNI dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, didampingi para pejabat Mabes Polri. Seluruh Dansatgas dan para Kasatgas dan pejabat Ops lainnya baik TNI maupun Polri, juga hadir.

Pada kesempatan tersebut Menko Marves menyaksikan TFG yang di peragakan oleh personel, tehknik-tehnik pengamanan tamu VVIP dan VIP peserta WWF, dari masing-masing Dansatgas TNI dan Polri.

Dari keseluruhan peragaan TFG tersebut, Menko Marves menyampaikan TFG ini penting dilaksanakan karena simulasi ini sangat detail menggambarkan tupoksi masing-masing, dan tanggung jawabnya saat bertugas pengamanan WWF dilapangan serta bertujuan agar   personil menjadi paham mulai lokasi ploting, penempatan personel di lapangan dll.

Beliau juga menegaskan “harus tetap waspada jangan anggap remeh situasi, jaga kekompakan dan koordinasi antar Satgas, selalu cek and ricek agar tau kondisi situasi dilingkungan tugas masing-masing, serta jelas siapa berbuat apa dan bertanggung jawab kepada siapa,”.

  (PPID Puskes TNI)